Jumat, 03 Mei 2013

Tugas Mandiri Modul 7 --- Sistem Informasi Berbasis Komputer

1. Mengapa para pemakai komputer suatu perusahaan dianggap sebagai sumber daya informasi? Apakah nilai sumber daya ini bertambah atau berkurang jika para pemakai ikut serta dalam end user computing?
Di dalam suatu sistem informasi perusahaan, data awal dibutuhkan untuk diproses agar dapat menghasilkan suatu informasi. Yang memasukkan data adalah sumber daya manusia baik end user computing maupun para spesialis informasi, sehingga mereka termasuk sebagai sumber daya sistem informasi, karena mereka adalah pangkal dari suatu sistem yang berjalan.  Jika tidak ada SDM dalam sumber daya informasi, tentu saja tidak akan terjadi pemosresan data menjadi suatu informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan. Oleh karena itu SDM sangat penting dalam sumber daya informasi.

2. Apakah komputer suatu fisik, suatu sistem konseptual atau keduanya?
Menurut saya sistem komputer termasuk dalam sistem fisik karena bentuk dari sistem komputer sendiri yang ada secara fisik

3. Jelaskan mengapa suatu sistem bukan milik para spesialis informasi walaupun mereka mungkin yang paling banyak mengerjakan pengembangannya
Karena para spesialis informasi itu hanya banyak bekerja di pengembangan, pemeliharaan dan pembuatan berbasis pada sistem, sedangkan yang banyak memeiliki dan berperan dalam suatu sistem adalah pemiliknya karena ia yang mendanai spesialis informasi untuk mengembangkan, memelihara, dan membuat sistem sesuai kebutuhan pemilik. Dan kebanyakan yang menjalankan sistem itu adalah orang lain yaitu admin bukan spesialis informasi.

4. Bagaimana teknologi informasi modern memberi kontribusi pada makin singkatnya batas waktu transaksi bisnis? Contohnya, peralatan apa yang dapat digunakan dengan telepon? Pilih satu jenis peralatan dan berikan contoh dampaknya.
Kemajuan teknologi informasi saat ini banyak memberikan dampak positif serta kontribusi yang besar dalam banyak hal salah satunya yaitu pada batas waktu transaksi bisnis. Contoh kemajuan teknologi informasinya yaitu : SMS Banking, sekarang untuk mempermudah transaksi bisnis kita tidak perlu jauh-jauh ke atm atau ke bank untuk melakukan suatu transaksi bisnis, cukup dengan sms banking kita bisa melakukan suatu transaksi bisnis kapan saja dan dimana saja.

5. Apa saja subsistem Sistem Informasi Berbasis Komputer? Cocokkan tiap subsistem dengan satu dari istilah-istilah berikut ini: data, konsultasi, komunikasi, informasi, masalah spesifik

  • orang
  • Perangkat keras (hardware)
  • Perangkat lunak (software)
  • Basis data
  • Prosedur
  • Dokumentasi


6. Sebutkan para spesialis informasi yang bekerja secara langsung dengan pemakai.

  • Sistem Analis
  • Pengelola Database
  • Spesialis Jaringan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar