Rabu, 03 April 2013

Tugas 2 Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi

1. KOMPUTER

Komputer adalah suatu mesin yang dapat menerima data,memproses data,menyimpan data dan menghasilkan bentuk keluaran berupa teks,gambar,simbol,angka, dan suara.
Komputer dikategorikan menjadi : 

a. Hardware
Hardware adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik.

b. Software
Software adalah Sebuah program komputer yang berisi sekumpulan instruksi yang dibuat dengan menggunakan bahasa khusus yang memberi perintah kepada komputer untuk melakukan berbagai pengoperasian/pemrosesan terhadap data yang terdapat dalam program tersebut atau data yang dimasukan oleh pengguna komputer.

2. JARINGAN KOMUNIKASI
Jaringan Komunikasi adalah sebuah sistem yang mampu menghubungkan dan menggabungkan beberapa titik komunikasi menjadi satu kesatuan yang mampu berinteraksi antara satu dengan lainnya. Macam-macam jaringan komunikasi adalah sebagai berikut :

a. Telepon
Telepon adalah sebuah alat komunikasi dua arah yang memungkinkan 2 orang atau lebih untuk bercakap-cakap tanpa terbatas jarak.Telepon memiliki empat prinsip utama di mana pengguna yang menggunakan penerima telepon dapat terhubung ke jaringan. Empat prinsip utama tersebut adalah : 
1. telepon: "darat" yaitu telepon kabel, di mana terdapat sambungan kabel fisik khusus yang digunakan untuk menghubungkan suatu lokasi;
2. wireless dan telepon radio, yaitu menggunakan sinyal radio analog atau digital ;
3. telepon satelit, yaitu menggunakan satelit komunikasi; dan
4. telepon suara melalui protokol internet (VOIP), yaitu menggunakan komunikasi akses Internet Jalur Lebar.



b. Faksimile
Suatu teknologi telekomunikasi yang digunakan untuk menyalin dan mengirimkan dokumen yang serupa dengan aslinya, menggunakan jaringan telepon ke mesin fax penerima yang kemudian bisa dicetak dikertas.

Proses kerja mesin faksimile adalah sebagai berikut :

1. Proses kerja mesin faks diawali dengan keharusan bahwa penerima dan pengirim harus memiliki mesin faksimile. 

2. Pengirim akan memasukkan dokumen yang hendak dikirim ke bagian feeder mesin faks dan selanjutnya menekan nomor telepon mesin faks yang dituju. 
3.Ketika koneksi telah terjadi dengan mesin faks tujuan, maka mesin faks akan melakukan scanning dengan membaca area yang sangat kecil pada dokumen tersebut. Mesin faks tersebut akan mengubahnya menjadi suatu sinyal listrik untuk kemudian menerjemahkan daerah yang dibaca sebagai daerah gelap atau terang dengan menandainya “0” untuk gelap dan “1” untuk terang. Sinyal listrik tersebut lalu ditransmisikan melewati saluran telepon dan menuju mesin penerima faks. Mesin penerima tersebut kemudian menangkap dan mengartikan sinyal listrik untuk membuat suatu dokumen yang persis sama dengan aslinya dan kemudian mencetaknya.

c. ISDN (Integrated Service Digital Network)

ISDN adalah suatu sistem telekomunikasi di mana layanan antara data,suara,dan gambar diintegrasikan ke dalam suatu jaringan, yang menyediakan konektivitas digital ujung ke ujung untuk menunjang suatu ruang lingkup pelayanan yang luas. Para pemakai ISDN diberikan keuntungan berupa fleksibilitas dan penghematan biaya, karena biaya untuk sistem yang terintegrasi ini akan jauh lebih murah apabila menggunakan sistem yang terpisah.




d. Fiber Optic
Fiber Optic adalah jaringan komunikasi yang mampu mentransmisikan data dalam frekuensi tinggi. Dalam jaringan ini jalur komunikasi tidak menggunakan kawat tembaga tetapi menggunakan cahaya sebagai penghantar datanya.

e. Leased Line
Leased line adalah jaringan telepon permanen yang menghubungkan dua tempat atau lebih.Jaringan ini bekerja diantara tempat-tempat yg dihubungkan secara spesifik atau sudah ditentukan.
f. Wireless

Pengertian dari wireless adalah jaringan komunikasi yang menggunakan gelombang radio/frekuensi tertentu yang berfungsi sebagai penghantar informasi. Jaringan komunikasi ini menggunakan alat pemancar, penguat , dan penerima gelombang yang berisi data tersebut.



3. NET TOOLS

a. SERVER
Pengertian Server adalah suatu komputer yang bisasanya dikhususkan untuk penyimpanan data atau sistem operasi berbasis network (Network Operating System), berisikan daftar user yang di perbolehkan masuk ke server tersebut. Sebuah server bertugas mengontrol komunikasi dan informasi diantara komponen dalam suatu jaringan. Tugas server yang sangat kompleks dan juga harus menyimpan informasi dan membaginya sangat cepat maka minimal sebuah server mempunyai beberapa karakter seperti dibawah ini :


1. Processor minimal 3.0 GHz atau processor yang lebih cepat lagi.
2. Sebuah Harddisk yang cepat dan berkapasitas besar atau kurang lebih 500 Gb.
3. Mempunyai banyak port network.
4. Kartu jaringan yang cepat dan Reliabilitas.
5. Memiliki RAM yang besar,minimal 2 Gb.

b. Client
Client adalah sebuah komputer yang diperbolehkan untuk masuk kedalam network dan mengambil/menggunakan segala sumber daya yang tersedia didalam network. Piranti yang ada di dalam komputer client adalah memory,processor yang tidak sekuat dan sebesar pada komputer server. 
c. Router
perangkat jaringan yang digunakan untuk membagi protocol kepada anggota jaringan yang lainnya, dengan adanya router maka sebuah protocol dapat di-sharing kepada perangkat jaringan lain.


Jenis-jenis Router :
1. Router Aplikasi
Router aplikasi adalah aplikasi yang dapat kita instal pad sistem operasi, sehingga sistem operasi tersebut akan memiliki kemampuan seperti router, contoh aplikasi ini adalah Winroute, WinGate, SpyGate, WinProxy dan lain-lain.

2. Router Hardware
Router Hardware adalah merupakan hardware yang memiliki kemampuan seperti router, sehingga dari hardware tersebut dapat memancarkan atau membagi IP Address dan men-sharing IP Address, pada prakteknya Router hardware ini digunakan untuk membagi koneksi internet pada suatu ruang atau wilayah, contoh dari router ini adalah access point, wilayah yang dapat mendapat Ip Address dan koneksi internet disebut Hot Spot Area.

3. Router PC
Router PC adalah Sistem Operasi yang memiliki fasilitas untuk membagi dan mensharing IP Address, jadi jika suatu perangkat jaringan (pc) yang terhubung ke komputer tersebut akan dapat menikmati IP Address atau koneksi internet yang disebarkan oleh Sistem Operasi tersebut, contoh sistem operasi yang dapat digunakan adalah semua sistem operasi berbasis client server, semisal Windows NT, Windows NT 4.0, Windows 2000 server, Windows 2003 Server, MikroTik (Berbasis Linux), dan lain-lain.

d. MODEM
Singkatan dari modem adalah modulator demodulator. Modulator adalah bagian yang memiliki fungsi untuk merubah sinyal informasi menjadi sinyal carrier yang mana sinyal tersebut dapat dikirimkan. Sedangkan demodulator adalah bagian yang memiliki fungsi untuk merubah sinyal carrier menjadi sinyal informasi. Dengan kata lain pengertian modem adalah alat komunikasi dua arah. Fungsi modem yaitu untuk mengubah sinyal digital menjadi sinyal suara dan juga sebaliknya.


e. Repeater
Repeater adalah Suatu perangkat yang dipasang di titik-titik tertentu dalam jaringan untuk memperbarui sinyal-sinyal yang di transmisikan agar mencapai kembali kekuatan dan bentuknya yang semula, guna memperpanjang jarak yang dapat di tempuh. Ini di perlukan karena sinyal-sinyal mengalami perlemahan dan perubahan bentuk selama transmisi.


f. HUB
Hub merupakan perangkat jaringan yang bekerja di OSI layer 1, Physical Layer. Sehingga dia hanya bekerja tak lebih sebagai penyambung atau concentrator saja, dan hanya menguatkan sinyal di kabel UTP.
g. Gateway
Gateway adalah sebuah perangkat yang digunakan untuk menghubungkan satu jaringan komputer dengan satu atau lebih jaringan komputer yang menggunakan protokol komunikasi yang berbeda sehingga informasi dari satu jaringan computer dapat diberikan kepada jaringan komputer lain yang protokolnya berbeda.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar